Jumat, 22 Juli 2016

Semboyan Poro Wali Songo

Semboyane? poro wali songo

1.Ngluruk Tanpo Wadyo Bolo/Tanpa pasukan,Berdakwah dan berkeliling kedaerah lain tanpa membawa pasukan.

2.Mabur Tanpo Lar/Terbang tanpa Sayap Pergi ke daerah nan jauh walaupun tanpa sebab yang nampak.

3.Mletik Tanpo Sutang/Meloncat Tanpa Kaki,Pergi kedaerah yang sulit dijangkau seperti gunung-gunung juga tanpa sebab yang kelihatan.

4.Senjoto Kalimosodo/Bersenjatakan Kalimat Syahadat,Kemana-mana hanya membawa kebesaran Allah SWT.

5.Digdoyo Tanpo Aji/Digdaya tanpa senjata Walaupun dimarahi,diusir,dicaci maki bahkan dilukai fisik dan mentalnya namun mereka seakan-akan orang yang tidak mempan diterjang bermacam-macam senjata.

6.Perang Tanpo tanding/Berperang tanpa bertanding,Dalam memerangi nafsunya sendiri dan mengajak orang lain supaya memerangi nafsunya.Tidak pernah berdebat, bertengkar atau tidak ada yang menandingi cara kerja dan hasil kerja daripada mereka ini.

7.Menang Tanpo Ngasorake/Menang tanpa merendahkan pihak lain,Mereka ini walaupun dengan orang yang senang, membenci,mencibir,dan lain-lain akan tetap mengajak dan akhirnya yang diajak bisa mengikuti usaha agama dan tidak merendahkan,mengkritik dan membanding-bandingkan,mencela orang lain bahkan tetap melihat kebaikannya.

8.Mulyo Tanpo Punggowo/Mulya tanpa jabatan atau kedudukan,Dimulyakan, disambut, dihargai, diberi hadiah, diperhatikan,walaupun mereka sebelumnya bukan orang alim ulama, bukan pejabat,bukan sarjana ahli tetapi da’i yang menjadikan dakwah maksud dan tujuan.

9.Sugih Tanpo Bondo/Kaya tanpa harta,Mereka akan merasa kaya dalam hatinya. Keinginan bisa kesampaian terutama keinginan menghidupkan sunnah Nabi, bisa terbang kesana kemari dan keliling dunia melebihi orang terkaya didunia.


EmoticonEmoticon